Al Qur'an

Q.S. An Nur/24 : 31

"Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa tampak darinya, dan hendaklah mereka menutup kain kudung ke dadanya."

QS. Al Ahzab/33 : 59

"Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang."

Wednesday, December 28, 2011

Tolak Islamisme, Blogger Mesir Ajak Perempuan Lepas Jilbab

Blogger Mesir, Aliaa Magda Elmahdy, punya cara satir untuk mengungkapkan rasa gusarnya terhadap meningkatnya popularitas kelompok Islam di negara-negara Arab. 

Melalui akun Twitter miliknya, gadis ini memprotes Islamisme dan mendesak para perempuan untuk mengirim foto tanpa jilbab. 



Ajakan Aliaa kontan memicu kontroversi di dunia Arab. Ia bahkan mendapatkan ancaman dari masyarakat negara-negara Arab berkat ajakannya itu. “Perempuan mari melepas jilbab. Saya akan mengunggah foto kalian jika anda setuju,” tulis Aliaa dalam blognya seperti dikutip ibtimes, Rabu (28/12).

Blogger berusia 20 tahun ini, bersama pacarnya sesama blogger, Kareem Amer, menerima gugatan akibat hasutannya itu. Mereka berdua dituduh memprovokasi dan menghina Islam.

Meski diprotes, tak sedikit yang mendukung ajakan Aliaa. Aktivis HAM Maryam Namazie, misalnya. Ia mendukung Aliaa dengan berinisiatif membuat kampanye menolak Islamisme serta mendukung kebebasan berekspresi dan jaminan terhadap hak-hak perempuan. Maryam juga didukung sejumlah pihak seperti blogger Greta Christina, filsuf Daniel Salvatore Schiffer, Kolumnis Joan Smith dan komedian Shabana Rehman.

Aliaa yang juga mengunggah foto telanjangnya dalam blognya itu mendapat dukungan dari blogger Lusia Samora Batista. Dalam blognya, Aliaa mencela "ketidakadilan" atas dasar jenis kelamin, warna kulit, agama, kebangsaan atau alasan lainnya. 

Source : http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/12/28/lwx14k-tolak-islamisme-blogger-mesir-ajak-perempuan-lepas-jilbab

No comments: