Al Qur'an

Q.S. An Nur/24 : 31

"Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa tampak darinya, dan hendaklah mereka menutup kain kudung ke dadanya."

QS. Al Ahzab/33 : 59

"Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang."

Wednesday, April 25, 2007

Menggunakan Burka Dilarang Naik Bus

25/04/2007 16:26 WIB

Rita Uli Hutapea - detikcom

Stockholm - Gara-gara mengenakan burka, seorang wanita dilarang naik ke bus penumpang di Kota Malmoe, Swedia. Alasannya, sopir bus tidak bisa mengenali wanita itu dengan burka yang dipakainya.

"Saya sebelumnya tidak pernah harus mengenalkan diri saya di bus umum. Memakai burka adalah pilihan pribadi saya dan itu tidak membuat saya lebih mengancam daripada orang lain," ujar wanita yang tidak disebutkan namanya itu kepada harian Swedia, Metro.

Burka merupakan jubah khas Arab yang menutupi seluruh tubuh dan wajah pemakainya dan hanya menyisakan celah di kedua matanya untuk bisa melihat.

Meski sopir bus berupaya melarangnya naik, namun wanita itu bersikeras naik ke bus. Ketika dirinya berhasil naik, wanita itu masih harus mengalami penghinaan dari sopir. Buntutnya, wanita tersebut melaporkan insiden ini ke kepolisian Swedia.

Menurut Daniel Stjernfeldt, juru bicara perusahaan bus Arriva tersebut, versi sang sopir atas kejadian itu tidak sama dengan versi wanita tersebut. Dikatakan juru bicara itu, sopir tersebut saat ini tengah dinonaktifkan menunggu investigasi selesai.

"Jika apa yang dikatakan wanita itu benar-benar terjadi, maka ini tindakan yang tidak bisa diterima. Semua orang bisa menggunakan bus," tegas Stjernfeldt. Sebabnya, tidak ada aturan yang menyatakan para penumpang harus memperkenalkan diri mereka di bus-bus umum.(ita/nrl)

Source : http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/04/tgl/25/time/162610/idnews/772580/idkanal/10

No comments: